PEMIMPIN

PEMIMPIN

AQIDAH, AQIDAH & AQIDAH

AQIDAH, AQIDAH & AQIDAH

BISA JADI, AMALMU SIA-SIA

BISA JADI, AMALMU SIA-SIA

BERBUATLAH KEBAIKAN, HAKEKATNYA UNTUK DIRIMU SENDIRI

BERBUATLAH KEBAIKAN, HAKEKATNYA UNTUK DIRIMU SENDIRI

BERBUATLAH KEBAIKAN, HAKEKATNYA UNTUK DIRIMU SENDIRI

BERBUATLAH KEBAIKAN, HAKEKATNYA UNTUK DIRIMU SENDIRI

Minggu, 03 April 2011

AIR ZAMZAM

Salah satu mu’jizat yang tak bisa diingkari dari sumur zamzam ini adalah airnya yang tak pernah mengering . Sejak zaman Nabi Ibrahim AS, hingga kini air disumber air ini, masih saja melimpah , padahal jutaan orang telah memanfaatkan air tersebut . Selain dari melimpah ruah, rasa air zamzam itu juga berbeda dari daerah lain . Rasanya lebih segar dibanding air tersegar dari negeri manapun . Yang paling menakjubkan meskipun disimpan bertahun-tahun air zamzam ini tidak akan berlumut, karena itu pada setiap musim haji, banyak jamaah menjadikan air zamzam sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang .
Sejarah Air Zamzam .
Berbagai hadist shahih menyebutkan, bahwa sumur zamzam ini bermula dari satu peristiwa yang dialami Siti Hajar, Istri Nabi Ibrahim As dan anaknya yang masih menyusui, Ismail As . Alkisah mengatakan bahwa Siti Hajar dan anaknya, Ismail ditinggalkan suaminya, Ibrahim As dalam rangka menunaikan perintah Allah pada saat itu , tentu dengan bekal yang cukup untuk persediaan beberapa hari kedepan . Suatu saat bekal kurma dan air yang ditinggalkan habis, Nabi Ismail yang saat itu masih balita menangis terus menerus karena haus . Siti Hajar yang tak tega melihat putranya dalam keadaan seperti itu, menjadi panik dan berlari ke puncak bukit Safa dan Marwa . Dalam kondisi seperti itu, malaikat Jibril yang diutus Allah SWT, menemui Siti Hajar . Jibril kemudian mengais tanah yang dipijaknya, sehingga memancarlah air yang disebut zamzam . Dari segi keutamaan air zamzam, sebagian ulama telah mengumpulkan berbagai fadillah . Mereka menyebutkan air zamzam dengan berbagai julukan . Misalnya “ Ma’ul Jannah ( air surga ) karena penuh berkah dan manfaat . Pencuci kalbu, karena malaikat Jibril mencuci kalbu Rasulullah SAW dg air zamzam . Air Barakah , karena Rasulullah senang meminumnya. Air Penyembuh karena diyakini bisa menyembuhkan penyakit hati ataupun penyakit jasmani .
Dari segi Geologis, sumber air zamzam ini, masuk katagori sumur gali, dengan kedalaman sekitar 30.5 meter ,hingga kedalaman, 13,5 meter dari permukaan tanah . Lubang sumur merupakan lapisan aluvium wadi Ibrahim . Lapisan ini diperkirakan dari endapan pasir yang awalnya ada ditempat lain . Dibawah lapisan aluvium wadi Ibrahim, terdapat setengah meter lapisan tanah yang menjadi tempat utama keluarnya air-air disumur zamzam . Kemudian dikedalaman 17 meter, sumur uini menembus lapisan batuan keras, yaitu lapisan beku diorite . Bakuan beku jenis ini ( diorite ) agak jarang ditemui di Indonesia atau jawa tetapi sangat banyak ditemui dijazirah arab . Pada bagian atas terdapat rekahan-rekahan yang juga memancarkan air sangat banyak . Dulu ada yang menduga rekahan ini menuju laut merah . Tetapi tidak ada laporan geologi yang menunjukan hal itu . Belakangan diketahui, rekahan tersebut ada yang memanjang kearah hajar aswad disudut tenggara Ka’bah dg panjang 75 cm dengan ketinggian 30 cm, juga beberapa rekahan kecil kearah sofa dan marwa .
Dari hasil uji pemompaan, sumur zamzam yang memiliki diameter 1.46 hingga 2.66 meter ini, mampu mengeluarkan air sebanyak 11-18,5 liter perdetik . Setiap menitnya, air yg dikeluarkan dapat mencapai 660 liter permenit atau 40.000 liter perjam .
Dalam uji tersebut, para ahli geologi melakukan pemompaan air zamzam sebanyak 8.000 liter detik selama lebih dari 24 jam . Dari pemompaan sebesar itu, tinggi permukaan air sumur itu turun dari kedalaman 12,72 meter menjadi 13,39 meter dari permukaan tanah . Tetapi ketinggian air itu berhenti merosot , bahkan air kembali naik kekedalaman semula setelah 11 menit pemompaan dihentikan . Dari peristiwa ini bisa disimpulkan bahwa air zamzam sepertinya tak akan pernah kering .
Sejauh ini, sudah banyak kebijakan yang sudah diambil pemerintah Arab Saudi untuk memelihara sumur zamzam . Salah satunya membentuk badan khusus pengelolaan air zamzam pada 1415 H ( 1994 ) .
Untuk kebutuhan minum penduduk makkah, air diambil dari sumber mata air zamzam, tetapi untuk keperluan mandi, air diambil dari hasil penyulingan air laut . sedangkan untuk melayani para jamaah haji, pemerintah Arab Saudi telah membangun tangki penampungan air zamzam berkapasitas 15.000 meter kubik yang bersambung dengan tangki lain dibagian atas masjidil haram .
KHAERUL ROZIQIEN ELBASYARI , JAWAL WUSTHO, INDONESIA
WWW. IQRO AL-AMBIYA .COM .